DASAR-DASAR
LAYANAN PERPUSTAKAAN
Kegiatan perpustakaan merupakan kegiatan layanan atau jasa,
yang dapat dikelompokkan kedalam 2 (dua) kelompok layanan, yaitu layanan teknis
dan layanan pemakai. Yang dimaksud dengan layanan teknis, adalah kegiatan back office
perpustakaan, yaitu kegiatan yang berhubungan dengan persiapan penyajian bahan
pustaka pada pemakai, seperti kegiatan pengadaan dan pengolahan bahan pustaka.
Hakikat Layanan Perpustakaan
Hakikat layanan
perpustakaan adalah pemberian layanan informasi kepada pemakai perpustakaan
yang berkaitan dengan:
1. penyediaan segala bentuk bahan pustaka yang dibutuhkan
pemakai, baik untuk digunakan diperpustakaan atau di luar perpustakaan;
2. penyediaan berbagai sarana penelusuran informasi yang
dapat merujuk pada keberadaanbahan pustaka yang dibutuhkan pemakai, baik yang
dimiliki perpustakaan atau di luarperpustakaan.
Tujuan Layanan Perpustakaan
Berpijak pada hakikat
layanan perpustakaan di atas, dengan berorientasi kepada pemakaimaka layanan
perpustakaan diselenggarakan bertujuan untuk membantu memenuhi
kebutuhaninformasi pemakai secara tepat dan akurat, yaitu melalui penyediaan
bahan pustaka danpenyediaan sarana penelusurannya.
Fungsi Layanan Perpustakaan
Secara umum dapat
dikatakan bahwa fungsi kegiatan layanan perpustakaan adalah sebagai jembatan
antara bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dengan pemakai yang membutuhkannya
guna mengoptimalisasikan pemanfaatan
bahan pustaka/ sumber informasi yang ada. Masing-masing jenis perpustakaan
memiliki tujuan penyelenggaraan yang berbeda,demikian pula fungsi layanan
perpustakaan. Karena fungsi perpustakaan mendukung tujuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing
perpustakaan.
Beberapa fungsi
daripenyelenggaraan layanan perpustakaan, antara lain sebagai berikut:
1. Fungsi rekreasi.
2. Fungsi informasi dan penelitian.
3. Fungsi pendidikan.
4. Fungsi kebudayaan.
5. Fungsi deposit dan pelestarian.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "DASAR-DASAR LAYANAN PERPUSTAKAAN "
Posting Komentar